Memilih Hewan Aqiqah


Selain doa dan pelaksanaan aqiqah dengan benar perlu diperhatikan juga dalam pemilihan hewan aqiqah .Berikut ini adalah salah satu tips memilih layanan aqiqah yang baik, dengan begitu di harapkan Anda tidak mengalami hal-hal yang kurang menyenangkan saat menyajikan hidangan aqiqah buat tamu undangan:

Aqiqah anak laki-laki dan perempuan berbeda dalam jumlah kambing aqiqah. Afdol untuk anak laki-laki disembelihkan 2 ekor sedangkan anak perempuan 1 ekor.

Tips membeli hewan Aqiqah ini sangat erat kaitannya dengan syarat kambing Aqiqah, termasuk yang diatas tadi yaitu umur kambing. Syarat kambing Aqiqah lain yaitu; kambing sehat, tidak cacat, tidak hilang sebagian tanduk atau kuping, tidak ompong, jenis kelamin jantan. Persyaratan ini merupakan kias dari kambing untuk Qurban. Jadi kurang lebih persyaratan kambing Aqiqah sama dengan kambing Qurban.

Tapi ada juga sebagian ulama membolehkan kambing apa saja mengingat tidak ada dalil khusus mengenai kambing Aqiqah. Namun tetap paling afdol seperti syarat tersebut diatas agar kita lebih yakin dalam menjalankan ajaran Rasulullah.

Banyak manfaat lain terkandung dalam Aqiqah itu sendiri misal, untuk mempererat silaturahmi serta ikatan sosial  dengan para tetangga, kerabat, fakir miskin dll. Oleh karena itu mari kita sadari bersama untuk menghidupkan sunnah ini.

Bagi yang ingin membeli sendiri kambing aqiqah, berikut disampaikan tips memilih kambing aqiqah yang tepat.
  • Memilih kambing yang sehat. Ciri kambing sehat antara lain tubuhnya kuat, lincah, dada lebar, pinggang lurus, kakinya kokoh, berukuran besar dan panjang tetapi tidak juga gemuk;
  • Perhatikan bagian matanya, kambing yang sehat matanya bisa fokus dan bisa melihat dengan jelas;
  • Perhatikan bagian dalam mulutnya terutama giginya, rahang giginya harus kuat mengunyah makanan;
  • Perhatikan kukunya jika tidak terdapat cacing;
  • Telinganya panjang menandakan bahwa dagingnya empuk;
  • Kambing yang memiliki daging banyak bisa dilihat di bagian punggungnya, pilih kambing yang punggungnya besar.
  • Kambing aqiqah harus dibeli dalam keadaan masih hidup, agar daging terjamin sehat dan memiliki riwayat kesehatan yang jelas. Membeli daging kambing yang sudah dipotong memiliki resiko yang lebih besar karena pembeli tidak melihat langsung kondisi kambing tersebut.

Kebanyakan orang menganggap bahwa kambing yang sehat dan berkualitas adalah kambing yang harganya mahal. Padahal tidak demikian, kambing bisa dilihat dari ciri fisiknya, harga tinggi belum tentu menjamin kualitas daging. Anda bisa memilih kambing sesuai budget, untuk bisa mendapatkan kambing yang sesuai keinginan, Anda bisa mencari informasi dari berbagai sumber. Salah satunya melalui internet, kini sudah mudah mendapatkan layanan peternak hewan yang go online. Layanan ini juga sudah ada yang menyediakan paket kambing aqiqah lengkap dengan menunya. Bisa juga melalui rekomendasi kerabat, atau coba lihat salah satu layanan aqiqah online. Jangan ragu untuk bertanya agar mendapatkan kambing yang terbaik.

Tag : Tips
0 Komentar untuk "Memilih Hewan Aqiqah"

Back To Top