Aqiqah Di Bulan Ramadhan


Seperti yang kita ketahui bahwa pada dasarnya setiap hari – hari dari hari senin sampai dengan hari minggu adalah baik. Termasuk bulanpun demikian. Semua bulan adalah baik. Namun ada keutamaan tersendiri dari bulan Ramadhan. Karena dalam bulan tersebut terdapat Keberkahan atas pahala apabila sebuah amalan dilakukan pada bulan Ramadhan, maka pahala akan dilipatgandakan. begitu juga ketika Aqiqah dilaksanakan pada bulan Ramadhan.
Lalu bolehkah kita melaksanakan Aqiqah dibulan ramadhan? Melaksanakan Aqiqah dapat dilakukan kapan saja. Berbeda dengan qurban yang hanya dapat dilakukan pada saat idul adha saja. Dan tentunya diperbolehkan berAqiqah dibulan yang sangat mulia yaitu bulan Ramadhan.

Aqiqah Di Bulan Ramadhan,

Barang siapa memberi buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya semisal pahala mereka tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala mereka
. (At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi).

Setidaknya ada 5 Keutamaan Aqiqah Dalam Islam namun ketika melaksanakannya di Bulan Ramadhan, Selain mendapatkan Pahala dari Ibadah Aqiqah itu sendiri juga akan mendapatkan Pahala dari Memberi Makan Orang Yang Berbuka Puasa.

Allah SWT berfirman:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), Maka Allah akan melipatgandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepadaNya-lah kamu dikembalikan. (Al-Baqarah:245)

Rasulullah Saw. bersabda:

Dari Anas berkata: Nabi Muhammad SAW ditanya puasa apakah yang paling utama setelah Ramadhan? beliau bersabda: Puasa Syaban untuk mengagungkan bulan Ramadhan. dikatakan: Shadaqah apakah yang paling utama? beliau bersabda: shadaqah pada bulan Ramadhan (Tirmidzi).

Hadits ini menunjukkan keutamaan sedekah di bulan Ramadhan. Sedangkan yang dimaksud dengan shadaqah pada hadits di atas bisa beragam, shadaqah dalam artian zakat yang merupakan kewajiban setiap muslim yang memiliki harta berlebih dan telah mencapai haul serta nishabnya, atau juga sedekah yang berarti infak dalam bentuk, dan dapat juga diartikan dengan shadaqah sunnah namun bentuknya lebih umum, tidak hanya bersifat materi namun juga perkataan, perbuatan, gerak, dan lain sebagainya. Dan termasuk di dalamnya adalah memberi makan (ifthar) atau sahur kepada orang yang berpuasa. Seperti yang termaktub dalam hadits, bahwa Nabi saw bersabda: Barang siapa memberi buka puasa pada orang yang berpuasa maka baginya semisal pahala mereka tanpa mengurangi sedikit pun dari pahala mereka. At-Tirmidzi, Ibnu Majah dan Darimi.

shadaqah di bulan Ramadhan lebih utama dibandingkan shadaqah di luar Ramadhan, karena Nabi Muhammad SAW menyebutnya dengan bulan muwasah (saling tolong menolong dan peduli). Nabi Muhammad SAW sangat dermawan di bulan Ramadhan, tepatnya ketika malaikat Jibril menemuinya. Rasulullah SAW lebih dermawan terhadap hartanya daripada angin yang berhembus.

Jadi, bulan Ramadhan sangat tepat untuk dipilih sebagai waktu pelaksanaan putra-putri saudara. Apalagi dilaksanakan saat liburan. Mendekati Hari Raya Idul Fitri, baik yang berkerja dan bersekolah akan mendapat waktu cuti atau libur. Itu artinya, keluarga sejuk NH akan dapat maksimal mempersiapkan pelaksanaan Aqiqah dan tentunya dengan cermat Memilih Hewan Aqiqah. Selain karena memiliki waktu, sanak saudara, teman, tetangga juga bisa ikut silaturrahim dan berkumpul. Sehingga menjadikan Ibadah Aqiqah begitu Nikmat dan Indah, insyaAllah.
Tag : Hukum
0 Komentar untuk "Aqiqah Di Bulan Ramadhan"

Back To Top